Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dibicarakan di kalangan umum. Tidak hanya bali yang menjadi icon wisata Indonesia. Lombok juga tidak kalah bagusnya dengan bali. Selain terkenal dengan sebutan kota seribu masjid, Lombok juga terkenal dengan pantai – pantai nya yang eksotis. Bahkan Lombok mendapatkan gelar “World Halal Tourism” . Lombok memiliki objek wisata yang sangat lengkap. Mulai dari pantai, gunung, air terjun semua ada di lombok

Pokoknya tidak perlu khawatir untuk berlibur ke Lombok. Banyak tempat – tempat wisata yang akan memanjakan liburan anda.

Berikut beberapa tempat wisata di Lombok yang terkenal :

  1. DESA SADE

Merupakan desa adat suku asli orang sasak. Terletak di desa Rambitan, kabupaten Lombok Tengah (kurang lebih 30 menit dari kota mataram). Masyarakat di dusun ini tetap melestarikan kebudayaan asli suku mereka mulai dari bangunan rumah, adat istiadat hingga kesenian kerajinan tangan & tarian khas suku sasak.

 

  1. PANTAI KUTA

Kalau di bali terdapat pantai kuta, di Lombok pun ada pantai kuta nya. Pantai dengan pasir putih yang menyerupai butiran merica ditambah dengan biru nya air laut menambah kesan pantai ini semakin layak untuk dikunjungi karena keindahannya. Pantai kuta terletak di desa Kuta kabupaten Lombok Tengah

 

  1. PANTAI TANJUNG AAN

Terletak tidak jauh dari pantai kuta, pantai tanjung aan juga tidak kalah bagusnya dengan pantai kuta. Pantai dengan pasir putih yg sangat lembut & dikelilingi oleh bukit bukit.

Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik.  Namun jika Anda berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada even spesial yaitu Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos masyarakat setempat tentang Puteri Mandalika, dimana puteri tersebut melompat dari bukit untuk menghindari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Selanjutnya mitos mengatakan bahwa Puteri Mandalika bereinkarnasi menjadi “Nyale”, atau cacing laut. setelah “perburuan”, Nyale akan dijadikan bahan beberapa jenis masakan lokal.

 

  1. BUKIT MERESE

Bukit Merese terletak di Lombok tengah tepatnya di samping barat pantai Tanjung Aan atau kalau dari pantai Kuta berada disisi timurnya. Pemandangan  yang di sajikan benar2 menakjubkan di mana bila naik ke atas bukit terlihat gradasi air laut yang bening biru kehijauan Dari Bukit Merese kamu bisa melihat pemandangan Tanjung Aan, menikmati seluruh keindahan yang tersaji di sini. Bukit-bukit berjajar membentuk layer sederhana, berbalut warna hijau yang berasal dari rumput-rumput yang rimbun.

 

  1. DESA SUKARARE

Selain terkenal dengan wisata bahari nya, Lombok juga terkenal dengan sentra kerajinannya. Apabila anda ingin kain tenun asli Lombok maka datanglah ke desa Sukarare. Terletak di kabupaten Lombok Tengah, disana banyak sekali pengrajin – pengrajin tenun asli Lombok. Selain bisa mempraktekan cara menenun, anda juga bisa foto menggunakan baju adat khas Lombok

 

  1. DESA BANYUMULEK

Merupakan sentra kerajinan gerabah. Terletak di desa banyumulek, sekitar sekitar 14 KM dari kota mataram. Disana anda bisa melihat para pengrajin dalam membuat kerajinan gerabah serta anda pun bisa langsung mempraktekannya. Hail dari kerajinan yang anda buat bisa anda bawa pulang sebagai kenang – kenangan

 

  1. TAMAN NARMADA

Jika anda ingin tahu kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu, datanglah ke taman narmada. Taman ini berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer di sebelah timur Mataram. Di dalamnya, terdapat kolam tirta (pemandian air pada zaman dahulu) dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Tujuannya, agar raja yang sudah sepuh tak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian.

 

  1. PANTAI SENGGIGI

Salah satu pantai yanag paling terkenal di Lombok. Pesisir pantainya masih asri. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan bermain ombak maupun cano sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

 

  1. GILI TRAWANGAN

Lombok juga memiliki pulau pulau kecil yang sangat indah. Salah satunya adalah gili trawngan. Gili trawnangan ini merupakan gili paling besar diantara ke tiga gili (Gili Sir & Gili Meno). Sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal, tidak hanya oleh wisatawan domestic tapi wisatawan asing pun banyak mengunjungi gili trawangan. Disebut sebagai “Paradise Island” karena keindahan panorama nya serta kehidupan malam nya yang selalu ramai.

 

Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Sarana transportasi yang digunakan disana adalah sepeda ataupun cidomo (andong) . Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

  1. GILI NANGGU

Gili nanggu terletak di desa sekotong, Lombok barat. Pulau kecil dengan hamparan pasir putih, yang dihuni dengan ribuan jenis ikan, terumbu karang yang sangat memikat. Apabila anda ingin puas bersnorkling dengan ditemani ribuan ikan, disini lah surga nya. Di Gili nanggu ini ada beberapa pulau yang berdekatan. Gili Sudak & Gili Kedis. Di Gili Sudak biasanya dipergunakan untuk wisatawan bersantap siang. Kemudian  Gili kedis biasanya di kunjungi dalam perjalanan pulang, pulau kecil ini memiliki keunikan dari segi bentuk yang mirip dengan lambang cinta, di pinggir pantainya terdapat bebatuan yang berbentuk paluh sehingga air laut yang masuk ke bebatuan ini terlihat seperti aliran sungai. Di gili Nanggu ini lebih private dibandingkan dengan gili trawangan maupun gili air & gili meno. Disana hanya ada 1 penginapan sehingga anda akan benar – benar merasakan hidup di sebuah pulau kecil

 

  1. PANTAI PINK

Lokasi Pantai Pink berada di pesisir bagian timur Pulau Lombok, tepatnya di Desa Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini memiliki keunikan karena pasirya berwarna pink. Warna pink ini berasal dari karang merah yang mati dan lebur, tercampur dengan pasir putih yang lembut sehingga terlihat berwarna pink. Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di pantai pink ini. Disana anda bisa berkunjung ke pulau berpasir. Pulau ini juga sangat unik. Pulau Pasir, pulau ini muncul ketika air surut, jika angin datang dari arah barat daya maka kemunculannya mulai pada pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan muncul pada sore hari. Kemudian ada juga Gili Petelu. Konon Gili Petelu, sesuai dengan namanya terdapat 3 gili kecil berbnetuk perbukitan yang pantainya saling menyambung. Keunikan lainnya dari tempat ini terdapat dua bibir pantai yang berbeda yang terpisah oleh pasir putih sekitar 2 meter lebarnya.

 

  1. AIR TERJUN TIU KELEP & SENDANG GILE

Jika anda bosan dengan wisata bahari, tenang…di Lombok juga ada wisata air terjun nya. Air terjun kiu telep & sendang gile. Kedua air terjun tersebut letaknya berdekatan. Airnya sama – sama mengalir membentuk satu aliran. Kedua air terjun ini terletak di desa Senaru kecamatan bayan kabupaten Lombok Utara

WHATSAPP ADMIN